Sosial Media
Home News

Apa itu silabus? Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Kurikulum

"Apa itu silabus? Pengertian, Manfaat, dan Perbedaan dengan Kurikulum"


Apa itu silabus

Berita Seputar Pendidikan- Silabus adalah alat pembelajaran yang harus dimiliki oleh semua guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. Silabus memungkinkan guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang lebih terstruktur untuk setiap mata pelajaran. Apa sebenarnya maksud dari silabus? Lihat penjelasan lengkap di bawah ini.

Apa itu Silabus?

Silabus adalah rencana pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mengatur pembelajaran dan penilaian. Silabus terdiri dari bagian-bagian yang saling terkait untuk membantu siswa memperoleh kompetensi dasar yang diinginkan.

Dalam rencana pelaksanaan pembelajaran, silabus berguna untuk menyusun rencana pembelajaran secara sistematis, profesional, dan efektif dengan tujuan untuk memudahkan, melancarkan, dan meningkatkan hasil belajar.

Dengan demikian, guru dapat melihat, menganalisis, mengamati, dan memprediksi program pembelajaran melalui berbagai kerangka kerja logis yang direncanakan.

Manfaat Silabus

Berikut adalah beberapa keuntungan dari membuat silabus: Silabus tidak hanya membantu guru dalam proses pengajaran, tetapi juga memiliki banyak manfaat tambahan.

  • Silabus, menurut penelitian, dapat berfungsi sebagai pedoman untuk membangun berbagai jenis kegiatan pembelajaran, mulai dari tahap perencanaan hingga pengelolaan kegiatan pembelajaran. Silabus juga dapat membantu dalam proses menilai pembelajaran yang telah dilakukan.
  • Silabus akan membuat penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) lebih mudah dan lebih terarah.
  • Untuk mencapai Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang ditetapkan, silabus juga dapat digunakan sebagai sumber utama dalam merancang rencana pembelajaran.

Perbedaan Kurikulum dan Silabus

Dua istilah yang sering digunakan dalam bidang pendidikan adalah kurikulum dan silabus. Namun, apa yang sebenarnya membedakan keduanya? Kurikulum dan silabus berbeda seperti berikut:

  1. Lingkup
    Sementara kurikulum
    mencakup seluruh program pendidikan yang ditawarkan oleh suatu institusi.
    Silabus lebih berfokus pada topik-topik khusus yang diajarkan dalam satu mata kuliah atau mata pelajaran.
  2. Pembuatan
    Sementara kurikulum
    disusun oleh institusi pendidikan secara keseluruhan.
    Silabus dibuat oleh guru atau departemen yang bersangkutan.
  3. Perubahan
    Silabus
    sering diubah atau direvisi sesuai kebutuhan.
    Sementara kurikulum biasanya bertahan lebih lama dan lebih jarang diubah.
  4. Waktu
    Siswa akan menerima silabus saat kursus atau pendidikan dimulai.
    Sementara kurikulum berfungsi sebagai sumber utama untuk program pendidikan.

Kesimpulan

Secara singkat, silabus dan kurikulum berbeda dalam hal cakupan dan detailnya. Silabus lebih khusus dan berfokus pada setiap mata pelajaran atau unit pembelajaran, sedangkan kurikulum adalah rencana pendidikan yang lebih luas.

Comments