Sosial Media
Home Kurikulum Kurikulum Merdeka

Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 menetapkan kurikulum untuk PAUD, SD, dan SMP

"Kurikulum Merdeka telah digunakan secara sukarela di lebih dari 300 ribu sekolah sejak diluncurkan pada tahun 2022."


Kurikulum Merdeka
Kurikulum Merdeka

Berita Seputar Pendidikan- Kurikulum Merdeka telah digunakan secara sukarela di lebih dari 300 ribu sekolah sejak diluncurkan pada tahun 2022. Data Asesmen Nasional 2021–2023 menunjukkan bahwa menerapkan Kurikulum Merdeka memiliki manfaat. Hasil Rapor Pendidikan tahun 2023 juga menunjukkan bahwa literasi, numerasi, karakter, inklusi, dan kualitas pembelajaran meningkat di sekolah-sekolah yang menerapkannya. Terkait hal ini, pemerintah meresmikan Kurikulum Merdeka di seluruh negeri untuk memberikan arah kebijakan pendidikan. 

"Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran" ditayangkan pada Rabu, 27 Maret 2023 di kanal YouTube KEMENDIKBUD RI. Dalam acara tersebut, Anindito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Nasional, menyampaikan bahwa Peraturan Mendikbudristek No.12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah telah diterbitkan. 

Peraturan Mendikbudristek No. 12 Tahun 2024 menetapkan Kurikulum Merdeka sebagai dasar dan struktur kurikulum untuk semua sekolah di Indonesia. Kurikulum merdeka memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada guru untuk merancang pembelajaran sesuai konteks, kebutuhan peserta didik, dan kondisi satuan pendidikan, mengingat keanekaragaman satuan pendidikan dan daerah di Indonesia. Ini adalah bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk semua siswa terlepas dari latar belakangnya, dengan kebijakan kurikulum dan pembelajaran ini. Selain itu, kurikulum bebas berfokus pada pengetahuan yang relevan dengan kemajuan zaman, seperti pengetahuan digital, pengetahuan finansial, pengetahuan kesehatan, dan pengetahuan tentang perubahan iklim. 

Permendikbudristek No.12 Tahun 2024 harus dibaca dan dipahami secara menyeluruh oleh satuan pendidikan yang baru akan mendaftar Kurikulum Merdeka, karena ini akan menentukan waktu kapan Kurikulum Merdeka akan diterapkan di sekolah Anda. Bagi satuan pendidikan yang sudah terdaftar dalam Kurikulum Merdeka, mari kita berdiskusi tentang perubahan yang perlu dilakukan di tahun ajaran 2024/2025 dan berbagi praktik yang baik untuk implementasi Kurikulum Merdeka.

Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 dapat diunduh di sini. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pendaftaran implementasi Kurikulum Merdeka untuk Tahun Ajaran 2024/2025, kunjungi http://kurikulum.kemdikbud.go.id/portalikm.

Comments
Newer Posts
Latest Posts